Jumat, 20 Mei 2011

Rekreasi Jiwa Paling Nikmat

Ada satu-satunya cara hidup bila ingin menikmati hidup : SHALAT KHUSYUK. Shalat adalah bentuk komunikasi dengan sang maha terkasih Allah, pencerahan, rekreasi jiwa yang tidak bisa di tandingi kenikmatannya dengan cara apapun di alam semesta.
Masalahnya, kemana pikiran harus kita arahkan saat kita melakukan ibadah shalat ? Bila kita yakin bahwa shalat adalah meditasi tertinggi (meditasi transendental), maka seyogyanya kita pahami bagaimana menciptakan titik pikiran secara tepat sehingga shalat kita di katakan khusyuk dan benar.

Agama Islam memiliki satu ritual wajib yang di lakukan lima kali sehari, yaitu SHALAT. Dalam sehari, ada lima waktu shalat yaitu subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Shalat juga merupakan rukun Islam artinya sesuatu yang wajib di lakukan bila manusia sudah memeluk agama ini rukun Islam ada lima : Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan Berhaji.

Ada juga shalat yang sifatnya tidak wajib, yaitu shalat sunnah. Ada banyak ragam shalat sunnah yang ada dalam Islam. Namun karena sifatnya sunnah, maka shalat ini bersifat melengkapi shalat-shalat wajib. Meskipun bersifat melengkapi, shalat sunnah bila di lakukan secara khusyuk disertai dengan niat hanya mengharapkan keridhaan Allah, maka nilainya sungguh luhur. Saking hebatnya ibadah shalat, sehingga di katakan bahwa "shalat adalah soko guru dan pondasi agama"

Yang perlu di perhatikan, kesempurnaan ibadah shalat memiliki dimensi individual dan sosial. Dimensi individual adalah bagaimana shalat itu di jadikan sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Sementara dimensi sosial shalat adalah bagaimana shalat membawa dampak positif bagi lingkungan sosial masyrakat di mana individu yang melakukan shalat itu berada.

Pada dasarnya, hakikat shalat adalah mengajak manusia untuk menyadari keberadaan Tuhan itu dekat yang melampaui batasan ruang dan waktu sehingga kemanapun manusia berada maka Dia selalu hadir, mengawasi, menjadi teman paling setia, dan menjadi kekasih yang tidak pernah absen sedikitpun untuk berbagi suka dan duka sekaligus sebagai wujud ketundukan manusia pada dzat yang serba Maha dan infinitum ini.

Kesadaran hakikat shalat ini akan memiliki pengaruh kuat dalam mencegah manusia dari melakukan perbuatan yang keji dan mungkar. Sebagaimana dijelaskan dalam ayat 45 surat Al-Ankabut "Sesungguhnya shalat itu mencegah (manusia) dari perbuatan keji dan mungkar". Ini sudah masuk dimensi sosial shalat seseorang yang berdiri untuk melakukan shalat dan mengucapkan TAKBIR, mengakui bahwa Allah SWT adalah Dzat yang maha lebih dari segala yang ada dan kita mengingat semua kenikmatan yang telah di berikan-Nya. Dengan mengucapkan syukur, ia memohon curahan kasih dan sayang-Nya, mengingat hari pembalasan, mengakui ketundukan, melakukan penyembuhan kepada-Nya, memohon pertolongan-Nya, meminta petunjuk untuk mendapatkan jalan yang lurus, dan memohon perlindungan sehingga tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang telah di murkai oleh-Nya serta tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sesat.

Di dalam meditasi transendental shalat, pemusatan pikiran saat kita mengucapkan Al-Fatihah ini adalah mengosongkan gambaran pikiran apapun kecuali gambaran pikiran yang tidak di buat oleh kita, melainkan biarkan kita menerima gambaran yang di berikan oleh Tuhan.

Kita pasrah, kita tidak lagi berusaha untuk fokus : semua penggambaran wujud Tuhan itu hanya dalam bahasa, sedangkan saat shalat kita biarkan diri ini mengalir pasrah sehingga hidayah-Nya turun. Hidayah-Nya dalam shalat ini berupa gambaran yang sangat tentang wujud-Nya, selain itu naik pada tingkatan bayangan dan gambaran yang paling sulit di dapat dalam kehidupan rutin yang terbatas. Oleh karena itu pengalaman dalam psikolog shalat ini di sebut meditasi transendental yang susah untuk di tulis.

Awal kesadaran tertinggi tentang shalat sejatinya harus di ikuti dengan tafakkur atau berpikir tentang obyek-obyek kongkret sebelum akhirnya menuju ke obyek yang abstrak. Pengosongan pikiran dan melupakan segala keruwetan dalam benak yang dapat mengganggu kekhusyukan shalat dan konsentrasi pada tujuan shalat : "Bahwa kita sedang berhadapan dan komunikasi dengan Allah"

Sebagaimana semua aktifitas lainnya, shalat juga butuh latihan. Khusyuk memang sulit namun bila berulang-ulang di latih akhirnya juga akan mampu untuk pasrah, tidak berpikir tentang obyek shalat namun membiarkan diri ikhlas untuk hanyut dalam shalat.

Dalam taraf belajar shalat, bila pikiran kemudian melayang ke mana-mana maka seorang harus kembali mengonsentrasikan pikiran pada "apa" yang ia pilih sebagai obyek pikiran dalam shalat. Ia harus mengambil posisi badan rileks, otot-otot tidak kaku. Latihan ini harus selalu di ualng-ulang, sehingga tahap demi tahap berfikirnya menjadi lebih dalam, badan terasa lebih ringan, pikiran menjadi bersih, jiwa menjadi terbang ke langit yang kekuasaannya tiada berhingga. Bersamaan dengan itu, hilang pula segala perasaan gelisah, sedih, galau, dan segala gangguan jasmani yang dirasakan sebelumnya.

Seorang mukmin akan mudah memahami psikologi shalat yang demikian karena memiliki kesamaan yang jelas dengan proses tafakur tentang penciptaan langit dan bumi yang di sertai dzikir dan bertasbih kepada obyek yang "Maha tak terjangkau" yaitu Allah, baik berdiri, duduk, rileks, berbaring. Tujuannya dalah upaya melepaskan atau menjauhkan dari pengaruh yang mengganggu konsentrasi, keruwetan angan-angan pikiran, perasaan, ataupun kebisingan dan keramaian.

Sebagaimana seseorang yang bertafakkur bertasbih, dan bermeditasi akan dapat menangkap makna dan pengetahuan baru yang sebelumnya tidak terlintas dalam hati. Keduanya menggunakan kedalaman tafakkur untuk membersihkan pengetahuan lahiriah dari belenggu penjara rutinitas kehidupan material menuju kebebasan menatap lepas ke atas, menuju pengetahuan yang luas tak terbatas.

Bila shalat kita sudah khusyuk diri kita akan mampu keluar badan kecil ini. Jiwa kita menjadi tidak terikat dalam wujud jasmani, mempunyai keluasan wujud dan kemampuan "melihat tanpa bola mata", "mendengar tanpa daun telinga" dan merasakan keuniversalan jiwa yang tak terbatas oleh waktu dan ruang. "Inilah Jiwa" yang memiliki "watak yang sama dengan jiwa-jiwa lainnya, dimana hal yang membedakan adalah "kemana akhir kembalinya sang jiwa".

Dalam shalat, ada tahap yang di sebut RUKU' yaitu dengan membungkukkan badan, laksana seorang hamba dengan meletakkan dahi di atas permukaan tanah di haribaan suci-Nya untuk mengakui kebesaran dan kemuliaan-Nya, serta menghapus segala ego dan kesombongan yang ada pada dirinya.

Lalu ia pun akan mengucapkan syahadat untuk memberikan kesaksian atas keesaan-Nya dan risalah Rasul-Nya. Setelah itu, ia mengirimkan shalawat kepada utusan-Nya yang mulia, Rasulullah saw, dan menengadahkan kedua tangannya di bawah mihrab suci-Nya untuk memohon belas kasih supaya di masukkan ke dalam golongan hamba-hambaNya yang salih. Semua faktor ini adalah sebuah rekreasi spiritual yang tidak ada bandingannya, terbakarnya semangat spiritual, sebuah gelombang besar yang mampu melebur ke Dzat Tuhan.

Di dalam salah satu hadis di kisahkan bahwa pada masa Rasulullah saw terdapat seorang pria muda dari kaum Anshar yang senantiasa mengikuti shalat yang di lakukan oleh Rasulullah saw. Tetapi, pada sisi lain ia masih senantiasa bergelimang dalam berbagai maksiat. Lalu, hal ini di sampaikan kepada Rasul saw. Mendengar laporan ini beliau bersabda, "suatu hari nanti shalatnya dapat mencegahnya dari perbuatan-perbuatannya tersebut".

Sedemikian pentingnya pengaruh shalat, hingga pada sebagian riwayat Islam di sebutkan bahwa bias yang akan muncul dari pelaksanaan shalat akan menjadi tolok ukur apakah shalat yang di lakukan oleh seseorang telah di terima di sisi-Nya ataukah belum.

Imam Ash Shadiq as dalam salah satu hadis berkata, "seseorang yang ingin melihat apakah shalatnya telah di terima oleh Allah swt atau belum hendaklah ia melihat apakah shalat yang telah dilakukannya ini dapat mencegahnya dari perbuatan yang keji dan mungkar atau tidak ? Sejauh mana ia telah tercegah dari hal-hal tersebut, sekadar itu pulalah shalat yang dilakukannya telah di kabulkan di sisi-Nya".

Bahkan, dapat di akui bahwa unsur utama dari pencegah perbuatan keji dan mungkar adalah mengingat (Dzikir Allah). Pada prinsipnya, "Mengingat Allah SWT, merupakan inti detak kehidupan kalbu manusia dan puncak ketenangan hati. Tidak ada sesuatu pun selainnya yang bisa mencapai tingkatan semacam ini.

Pembahasan tentang SHOLAT oleh karenanya bisa di rangkum sebagai berikut :
1. Sholat adalah ibadah terpenting dalam agama Islam setelah syahadat.
2. Hakikat dan filsafat shalat adalah mengingat Allah SWT.
3. Shalat merupakan media mengoreksi diri, memperbaiki diri, dan bertaubat.
4. Shalat merupakan media penghibur luka, barutan, dan goresan dosa di dalam ruh dan jiwa manusia akan sembuh karena kemanjuran obat yang berbentuk shalat.
5. Shalat merupakan tanggul penghalang berbuat keji dan jahat.
6. Shalat menguatkan iman di dalam kalbu manusia dan menumbuhkan tunas-tunas ketakwaan baru di dalam hati.
7. Shalat akan menghancurkan kelalaian terhadap tujuan penciptaan dan tenggelam dalam kehidupan materi serta kelezatan duniawi yang hanya sekejap.
8. Dengan shalat menghilangkan kesombongan ego dan merendahkan diri di hadapan-Nya.
9. Dengan shalat, kehadiran-Nya terasa dekat.
10. Shalat itu penyempurnaan akhlak.
11. Shalat menghidupkan hakikat keikhlasan dalam beramal.
12. Shalat membawa kesucian hidup.
13. Shalat itu penguat semangat disiplin.

Meskipun tanpa memperhatikan kandungan yang ada di dalam shalat pada hakikatnya ia mengajak manusia untuk hidup dalam kesucian. Hal ini dapat kita ketahui dari syarat tempat yang dipergunakan untuk melakukannya, pakaian yang dikenakan, alas dan air yang di tuangkan untuk berwudhu serta mandi. Dan juga tempat yang dipergunakan oleh seseorang untuk mandi dan berwudhu harus merupakan tempat yang betul-betul tidak terkotori oleh ghasab dan tidak di peroleh dengan cara zalim dan melanggar hak-hak orang lain.

Seseorang yang terkotori dengan kezaliman, ternodai oleh sifat-sifat nafsu manusia seperti riba, ghasab, mengurangi timbangan dalam transaksi, korupsi dan usaha-usaha yang di lakukan dengan menggunakan kekayaan dari sumber yang haram, bagaimanapun akan mengotori ruhaninya sehingga akan melunturkan diri yang telah shalat. Oleh karena itu, pengulangan shalat sebanyak lima kali dalam sehari semalam merupakan sebuah ajakan untuk menghormati hak-hak orang lain.

Shalat juga akan menguatkan semangat disiplin dalam diri manusia, karena bagaimanapun juga, shalat harus benar-benar di lakukan pada waktu yang telah di tentukan. Pelaksanaan shalat yang dilakukan dengan mengakhirkan atau mempercepat dari waktu yang seharusnya akan menyebabkan batalnya shalat yang di lakukan oleh seseorang. Demikian juga dengan aturan dan hukum-hukum lain dalam masalah niat, berdiri, ruku', dan sujud. Memperhatikan semua ini akan menumbuhkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari menjadi betul-betul mudah dan lancar.

Terakhir, pembahasan tentang shalat akan di tutup dengan sebuah hadis, Imam Ali bin Musa Ar Ridha as suatu ketika di tanyakan tentang makna shalat. "Tujuan di syariatkannya shalat adalah "Pengakuan terhadap ketuhanan Allah SWT, melawan syirik dan penyembahan berhala, berdiri di hadapan haribaan-Nya dalam puncak kekhusyukan dan kerendahan diri, mengakui dosa-dosa serta memohon pengampunan-Nya terhadap dosa-dosa yang telah di lakukannya, dan meletakkan dahi untuk hormat kepada-Nya".

Demikian juga, tujuan di syariatkannya shalat adalah supaya manusia senantiasa terjaga, awas eling dan waspada. Hati yang tercerahkan tanpa ada keakuan yang berlebihan, tidak sombong dan mabuk dengan diri dan hartanya, agar manusia menjadi orang-orang yang khusyu' dan tawadhu', serta mencari dan mencintai Tuhan. Selain konsistensi doa-doa kepada Allah sepanjang hari dan malam yang di hasilkan dari sinar shalat, shalat akan membuat manusia menemukan jati diri yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar: