Senin, 16 Mei 2011

JANGAN MENGABDI PADA HARTA BENDA

Gesang ing donya pirantosipun brana, nanging sampun mangeran, wujudipun kerem, yen kerem memalangi.

Mangka tetepipun saking khaq, wonten ing Sanubari.

Mangke angsal tuntunan saking Allah pribadi alelantaran Rasa Suci, inggih khaqiqi, inggih Dewa Ruci wonten salebeting rasa gaib.
Junun iku ayem tentrem wujudipun, iku kang prayogo, amamardi Ngelmu Suci.
Kukuming tiyang Iman ingkang teguh santosa, mung siji mripatipun nuju mring Allah.

Lara penak tumraping wong kang sumarah kudu di lakoni, iku warahing para Nabi. Lakonira ya mangkana, lakune luwih sangsara katimbang sira.

Mung Allah kang den kawulani, nadyan tekan pati, Nabi kuna ora wigah-wigih. Mung pasrah jiwa raga mring Gusti. Sumarah iku warising Nabi.

Ja lali mungguhing umat, yen sira antuk Sihing Gusti, jiwa rumangsa punjul, kudu rumangsa kawula, ingkang tansah enget idheping Hyang Mahaagung, rumangsa yen kapurba ngawaki ngaras ing Gusti.

Mila makaten karsa Allah ingkang dipun karsakaken imanipun sampun luwar saking hawanapsu. Manawi sampun mboten kaiket badhe gampil ngidhep ing Allah. Mila sakselaning pandamelan lerem, kendel ngantos sumarah.

Cak-cakanipun kaliyan lenggahan, tileman, jumeneng, kenging. Perlu lajeng saged kulina lerem. Yen sampun kulina lerem, lajeng dumugi jinem, mboten gampil kagodha.

Wajibe kang lugu amung mujud ing Rasa Suci, eling yen kapardi ngarseng Hyang Mahaagung, manut sakrehira, aja kongsi susah yen binabar suci, mung pasraha kewala.

Marma kudu emut, lamun ana krenteging ati kang rumangsa bisa mulang tuwin muruk, iku pangajaking Ati Batal, kang tetep aran egois.
Marmanira yen kurang satiti, sok keplantrang ngaku dwija tama, bisa mulang sabarang reh, ing lahir batin putus, mumpuni salining goib, iku Drubiksa nyata Bataling Ati Setan lugu.

Sarating khaq rujukira tentreming manah mung sungkem ing Allah. Rujuke ana ngilmu aja nglakoni nistip, aja sarakah, aja kerep nepsu, ora kena sira uja, iki pepalang.

Dhudhuking khaq neng Sanubari hawanapsu ora ana yen wus lenggah neng Sanubari. Anane mung kari Iman ngawula ngarseng Hyang Widdi.

Artinya :
Hidup di dunia sarananya adalah harta benda, tetapi jangan sampai mengabdi, wujudnya tenggelam di dalam harta benda, apabila tenggelam menjadi penghalang.

Khaq tetap berada di dalam sanubari. Akan menerima bimbingan dari Allah SWT sendiri dengan perantaraan Rasa Suci, atau khaqiqi, atau Dewa Ruci di dalam rasa gaib.

Junun itu berwujud tenang tenteram, itu yang baik untuk menjalani Ilmu Suci. Hukum orang beriman yang teguh sentosa hanya satu matanya selalu tertuju kepada Allah.

Menderita dan senang bagi orang yang telah berserah diri kepada Allah SWT haruslah di jalani, itu petunjuk dari para Nabi. Kehidupan para Nabi juga demikian itu, hidup mereka lebih sengsara dari pada engkau. Hanya Allah saja yang mereka abdi, walaupun sampai mati mereka tidak gentar menjalaninya. Hanya berserah diri total hanya kepada Allah saja. Sumarah itu warisan dari para Nabi.

Janganlah sampai engkau semua lupa, apabila menerima Kasih Allah SWT jangan sampai merasa lebih dari umat lain atau sesama, haruslah tetap merasa bahwa dirimu adalah abdi, yang harus selalu tetap ingat akan menghadapmu kepada Hyang Mahaagung, merasa bahwa selalu berada di dalam kuasa Allah SWT selalu menjalani menghadap di hadapan Allah SWT.

Yang di kehendaki Allah SWT itu orang yang Imannya sudah lepas dari hawa nafsu. Apabila sudah tidak terikat akan sangat mudah menghadap kepada Allah SWT.

Maka sebaiknya di antara sela sela bekerja tenang, diam sampai sumarah berserah diri total kepada Allah SWT. Pelaksanaannya dengan sambil duduk duduk, sambil tiduran, berdiri, dapat apa saja.

Penting sekali dapat membiasakan diri tenang. Apabila sudah terbiasa tenang, lalu sampai ke berserah diri total hanya kepada Allah SWT saja, tidak akan mudah di godha.

Yang penting haruslah hanya berwujud di dalam Rasa Suci, selalu ingat bahwa selalu di hadapan Allah yang Mahaagung, selalu taat akan semua Perintah dan Kehendak-Nya, jangan sampai merasa susah apabila sedang di sucikan oleh Allah SWT, hanya berserah dirilah saja kepada-Nya.

Apabila kurang teliti, sering mengaku sebagai Sang Mahaguru, dapat mengajarkan semua ilmu lahir dan batin sempurna, sempurna menguasai segala yang gaib, itu Hati Setan atau Hati Batal.

Surat untuk dapat menjalankan hubungan dengan khaq adalah tenteramnya hati hanya bersujud di hadapan Allah SWT.

Supaya dapat menjalani Ilmu dengan baik janganlah sampai berbuat yang menyimpang dari Jalan Allah, janganlah serakah, janganlah sering marah marah, janganlah semua itu engkau turuti saja, itu semua adalah penghalang.

Tempatnya khaq adalah di dalam Sanubari, hawanafsu sudah tidak ada apabila sudah berada di dalam Sanubari. Adanya hanya Iman kepada Allah SWT mengabdi hanya kepada Allah SWT saja.

(Wewarah dari Raden Ngabehi Soekinohartono)

Tidak ada komentar: